Tuesday 4 March 2014

Mengenal Ilmu Kosmografi


Kosmografi mengkaji fenomena jagat raya yang menekankan pada sistem tata surya dan aspek dinamikanya dengan gejala yang diakibatkan oleh fenomena alam dan kehidupan dibumi. Kosmografi berasal dari kata cosmos yang berarti alam semesta, dan graphein yaitu tulisan. Dengan demikian kosmografi berarti ilmu yang memguraikan dan memberikan gambaran tentang
alam semesta serta menjelaskan fenomena dan hukum ya
ng terjadi di alam semesta. Tujuan kosmografi ini mempelajari mengenai semua benda-benda yang ada di alam semesta ini atau angkasa. Kosmografi merupakan bagian dari ilmu-ilmu bintang atau Astronomi.

Ilmu kosmografi dan ilmu Astronomi mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Sebagai penentu kalender, waktu, musim di Bumi
b.      Perhitungan gerhana matahari atau bulan
c.       Perhitungan pasang surut air laut
d.      Pengaturan sistem pelayaran dan atau penerbangan
e.       Sebagai ilmu untuk penjelajahan ruang angkasa dan sebagainya.
Ada beberapa ilmuan dalam bidang Astronomi yang mencetuskan pendapat dalam bidang kosmografi di antaranya adalah :
a.       Ptolomaeus, seorang sarjana Mesir di Iskandaria yang menemukan teori geosentris (bumi sebagai pusat peredaran benda-benda angkasa)
b.      Nicolaus Copernicus, seorang sarjana Rusia yang mengemukakan teori Heliosentris (Matahari sebagai pusat peredaran planet-planet)
c.       Galileo Galilei, seorang sarjana Italia yang mendukung teori Heliosentris
d.      Johanes Kepler, sarjana Jerman yang mempelajari prinsip-prinsip teori Copernicus (Heliosentris) dengan teori mengenai hukum peredaran planet mengitari matahari (Hukum kepler I, II ,dan III)
e.       Isaac Newton, sarjana Inggris yang mengemukakan teori gaya tarik –menarik benda termasuk benda luar angkasa
f.        William Herschel, orang pertama yang mengatakan bahwa beberapa objek yang tampak dilangit pada malam hari adalah galaksi.

Dengan uraian yang ada diatas dapat diketahui bahwa kosmografi membahas segala benda yang ada di alam semesta dan ilmu tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan dan ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat J


Daftar pustaka :
Sriyono. 2008. Buku Ajar Kosmografi. Semarang : Jurusan Geografi FIS Unnes.
gambar sumber : google.com


No comments:

Post a Comment