Wednesday 13 February 2013

GEOGRAFI EKONOMI



1.   Pengertian Geografi  dan Ekonomi
Geografi adalah pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan.


Geo Ekonomi merupakan studi tentang variasi areal atau daerah di permukaan bumi dlm hubungannya dengan aktivitas manusia, yakni dalam hal memproduksi, mendistribusikan dan mengkonsumsi barang dan
jasa.
Ilmu Ekonomi adalahl ilmu yang mempelajari cara-cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang terbatas.

Geografi Ekonomi, ilmu yang objeknya mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kesejahteraan dlm hidupnya.
Untuk mencapai tujuan itu ahli geografi eko mengajukan 3 pertanyaan: (1) Di mana letak aktivitas ekonomi?, (2) Bagaimana karakteristis aktivitas eko tsb?, (3) Fenomena lain apa yang berkaitan dengan ekonomi tsb?



3.   Metode Geografi Ekonomi
Empat cara (pendekatan) untuk mengkaji hub dlm Geo Ekonomi:
1.      Analisis sebab akibat (spasial)
Pemahaman mengenai hubungan sebab untuk menjawab    pertanyaan:
1)   Mengapa tanaman jagung berada di daerah itu?
2)   Bagaimanakah karakteristiknya?
Sedangkan pemahaman mengenai hub akibat memungkinkan utk menjawab:
1)   Bagaimana dampak tanaman jagung terhadap erosi tanah?
2)   Peran apa yang dapat dimainkan pertanian jagung thd kehidupan ekonomi suatu tempat/daerah?

2.      Hubungan antara fenomena fisik dan budaya (ekologikal)
1)   Fenomena fisik menyangkut lingk alam, merupakan jumlah total unsur2 fisik (tanah, air, lahan, tumbuhan, iklim, hewan, udara, dsb).
2)   Budaya berarti jumlah kesel prestasi manusia = pengetahuan, teknologi, sikap, seni, alat-alat, institusi sosial, organisasi sosial, politik, keyakinan (agama), sistem untuk mengontrol investasi modal dll.

3.      Mencari hub di dalam suatu daerah, dan hub antara daerah yang satu dengan lainnya (kompleks wilayah)
1)   Menganalisis hubungan antara variabel2 ruang dg meneliti variabel2 yg melibatkan ciri2 di dlm suatu daerah dan variabel yg menghub daerah itu dg daerah lain.
4.      Hubungan korelasi (Asosiatif)
1)   Analisis korelasi, pendekatan yg terbaru menggunakan teknik statistik untuk melihat derajat hub antara dua atau lebih fenomena.




No comments:

Post a Comment